Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas 2

1.Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyeababkan muculnya aktifitas ekonomi?
a.Kelangkaan
Keterbataasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka.kelangkaan mencakup kuantitas,kualitas,tempat dan waktu.sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik,tersedia dimana saja (di setiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.
b.Pilihan-pilihan
Dalam setiap masyrakat selalu di dapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya.Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai.Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi,maka keinginan-keinginan yang lain akan muncul.
c.Biaya
Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai mahluk rasional.Pilihan yang di buatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi,dengan di bandingkan biaya yang harus di keluarkan dan hasil yang akan di peroleh.biaya yang di maksud dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akuntansi (accounting cost).


2.Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial?jelaskan?
Perusahaan adalah lembaga sosial .tetapi berbeda persepsi dengan lembaga sosial masyarakat.peberbedaannya terlatak pada mencari keuntungan yang di mana perusahaan lebih mementingkan untuk mencari keuntungan sebesar mungkin,sedangkan lembaga sosial masyarakat lebih kepada kesejahteraan masyrakat.

3.Apa saja faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan?
Letak merupakan perwakilan dari perusahaan atau pusat dari perusahaan yang berada di daerah-daerah atau yang biasa kita kenal dengan cabang,sedangkan tempat adalah merupakan cabang-cabang yg berada di daerah-daerah fungsinya adalah untuk lebih dekat kepada customer.

4.Tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha?jelaskan dengan contoh?
a.Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan yang langsung berpengaruh terhadap pemasaran.
contoh:
1.pesaing adalah adanya pesaing menyebabkan perusahaan meningkatkan kualitas produknya,tapi juga mempersempit gerak pemasaran perusahaan tersebut dan berusaha memperebutkan pasar yang sama untuk menjadi yang terbaik.

2.Pemasok adalah lembaga yang menyediakan sumber daya untuk operasional perusahaan.

b.Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung yang berada di luar kendali pasar.
contoh:
1.Teknologi,Kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini membuat perkembangan dalam kegitan produksi.tidak dalam saja tapi juga material dalam produksi sudah sangat baik,sehingga menyabkan ketertarikan konsumen kepada teknologi.

2.Kondisi perekonomian yaitu dimana kondisi lingkungan eksternal yang berkaitan dengan keseimbangan pengguna sumber daya yang terbatas oleh berbagai macam pihak yang bertujuan untuk menjalakan produksi

3.pemerintah,yaitu dengan mengeluakan kebijakan-bijakan yang tidak secara langsung mempengaruhi produksi dalam negri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar